Tak Perlu Takut Mengkonsumsi Susu di Bulan Puasa

Siapa sih yang tidak kenal susu? Bahan pangan yang satu ini memang mempunyai beragam manfaat bagi tubuh, produk olahannya pun sangat beragam sehingga banyak pilihan yang tersedia bagi para pecinta susu. Namun masih banyak pula yang ternyata belum membiasakan mengkonsumsi susu setiap hari, padahal manfaat susu dapat terasa jika kita teratur mengkonsumsinya. Bagi kalian yang belum terbiasa mengkonsumsi susu setiap hari ,yuk simak beberapa manfaat susu berikut ini. .

  1. Menetralisir racun

Tidak hanya air kelapa yang dipercaya menetralisir racun, ternyata susu juga dapat menetralisir racun yang berasal dari makanan lain yang telah di konsumsi dan di serap oleh tubuh. Seperti membersihkan paru-paru dari racun-racun , membantu tubuh membuang racun akibat berbagai macam polusi yang terserap oleh tubuh melalui kulit, terutama mereka yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan.

  1. Membantu menguatkan tulang

 

Susu yang diminum secara teratur dapat membantu dalam menguatkan tulang hal ini karena kandungan Kalsium yang tinggi pada susu baik untuk kesehatan tulang, kalsium dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang merupakan gangguan tulang yang rapuh. Maka dari itu tidak heran banyak produsen yang menjual produk susunya dengan promosi untuk mencegah penuaan, namun pada dasarnya semua susu mengandung kalsium yang dapat membantu menguatkan tulang dan manfaatnya dapat terasa jika kita meminumnya secara teratur.

 

  1. Membantu pertumbuhan

Manfaat susu yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, susu dapat membantu pertumbuhan. Hal ini terletak pada kandungan kalsiumnya pula yang selain menguatkan tulang juga dapat membantu kinerja tulang untuk tumbuh secara maksimal. Namun tetunya manfaat ini dapat terasa jika kita teratur dalam mengkonsumsinya, seperti halnya untuk remaja ataupun anak-anak yang mengalami pertumbuhan tinggi badan.

  1. Memberikan energi

Mengkonsumsi susu dapat memberikan energi pada tubuh, seperti mereka yang sibuk, sehingga tidak memiliki waktu luang untuk sarapan. Susu menjadi sumber alternatif untuk memberikan energi pada tubuh. Sehingga aktifitas di pagi hari dapat energik dari sebuah susu. Selain itu manfaat susu juga dapat dirasakan wanita yang sedang menstruasi. Karena saat menstruasi tubuh cenderung lemas dan mudah lelah, tentunya hal itu dapat mengganggu aktifitas. Hal itu dapat teratasi dengan minum susu.

  1. Menjaga Kesehatan Dan Kelembaban Kulit.

Semua orang tentunya menginginkan kulit yang sehat dan nampak cantik, khususnya bagi kaum hawa. Nah, hal ini bisa diperoleh salah satunya dengan meminum susu secara teratur. Berbagai nutrisi serta vitamin yang terkandung didalam susu ikut berperan penting dalam hal menyediakan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit anda. Jadi mulailah minum susu sebagai langkah awal memiliki kulit yang sehat.

  1. Menguatkan dan menyehatkan gigi

Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu berperan dalam membantu menguatkan gigi, mencegah gigi berlubang serta mencegah kerusakan gigi lainnya. Tapi selain minum susu, anda juga harus menggosok gigi sehabis makan dengan rutin pula.

Lalu bagaimana dengan mengkonsumsi susu dibulan puasa seperti sekarang ini ?

Ada yang menganggap bahwa mengkonsumsi susu saat berbuka puasa dapat membuat maag kambuh. Namun seperti yang telah dilansir Kalbe nutritional ,penderita maag boleh minum susu jenis apa saja, kecuali penderita alergi atau intoleransi susu. Sebelum minum susu, sebaiknya minum air putih lebih dahulu. kecuali penderita alergi atau intoleransi susu.

Selain itu menurut DR. dr. Fiastuti Witjaksono SpGk., MSc, Wakil Ketua Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) “Kekuatan tubuh manusia akan menurun saat berpuasa karena kita tidak mendapat asupan nutrisi selama kurang lebih 14 jam. Padahal, selama kita berpuasa, jumlah asupan nutrisi dan kalsium yang diperlukan tubuh sama jumlahnya saat kita tidak berpuasa,” Pakar gizi ini menjelaskan bahwa mengonsumsi susu saat sahur sangat baik karena bisa membantu seseorang menjaga rasa kenyang lebih lama. Menurutnya, susu mudah diserap sehingga kebutuhan nutrisi dan kalsium harian tetap tercukupi secara kualitas dan kuantitas.

“Anda tidak perlu khawatir terkena osteoporosis bila tidak mengonsumsi susu saat puasa. Karena proses osteoporosis terjadi jika Anda tidak mengonsumsi susu atau kalsium sejak balita. Agar susu dapat diserap secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi susu setelah sahur dan sesudah makan malam,” tutupnya.

Powered by WordPress | Designed by: photography charlottesville va | Thanks to ppc software, penny auction and larry goins