Desa Mitra “Mengembangkan Usaha Masyarakat Desa Pajerukan Melalui Perluasan Pemasaran dan UKM”

Pada hari Sabtu tanggal 28 Maret 2015 telah dilaksanakannya kegiatan Desa Mitra. Acara ini di selenggarakan di Balai Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Panita pelaksana berjumlah 43 orang dengan 10 bidang. Desa Mitra dihadiri oleh 27 ibu- ibu PKK, Kepala Desa Pajerukan, Pengurus HIMATETA, Presiden BEM Kema Faperta, Ketua HIMATETA, Pembina HIMATETA serta tiga orang pembicara yaitu Ibu Dr. Ervina Mela Dewi, S.T., M.Si., Ibu Rozani Umdati, S.H., dan Bapak Kardi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada masyarakat Pajerukan untuk membentuk UKM, menjembatani transfer ilmu dan pengetahuan tentang UKM dan pemasaran, serta masyarakat dapat mengerti dan termotivasi tentang pembentukan UKM di Desa Pajerukan. Karena kita tahu bahwa di Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas banyak usaha rumah tangga yang berdiri, namun tidak banyak yang mengetahui tentang kelebihan pembentukan UKM untuk usahanya. Melihat hal tersebut, panitia memberi upaya kepada ibu- ibu PKK serta pengusaha rumah tangga di Desa Pajerukan untuk diadakannya pembentukan UKM dengan memberikan sosialisasi tentang pembentukan UKM dan perluasan pemasaran sehingga usaha yang telah berdiri lama dapat lebih berkembang lagi dengan pemasaran yang lebih luas.

Susunan acara yang telah di buat oleh bidang acara berjalan dengan lancar. Acara dimulai pada pukul 09.25 WIB dengan pembukaan dan sambutan yang di sampaikan oleh Ketua Panitia, Ketua Umum HIMATETA, Pembina HIMATETA, Presiden BEM KEMA FAPERTA, dan Kepala Desa Pajerukan. Pukul 09.44 acara berlanjut dengan materi pemasaran yang di sampaikan oleh Ibu Ervina. Peserta kegiatan sangat antusias mendengarkan dan bertanya tentang pemasaran dan perluasaanya. Setelah pemberian materi oleh Ibu Ervina, untuk menghilangkan penat, acara kemudian di lanjutkan dengan adanya hiburan yaitu tembang lagu yang dibawakan oleh Hilma pada pukul 10.28 WIB. Setelah itu pada pukul 10.38 WIB dilanjutkan dengan pemberian materi yang kedua yaitu tentang pembentukan UKM yang disampaikan oleh Ibu Ani.

Acara masih terus berlanjut pada pukul 11.14 WIB, yaitu sharing dengan Bapak Kardi selaku pengusaha yang sudah memiliki SIUP dan sudah membentuk UKM. Sharing yang dilakukan yaitu berupa tanya jawab dengan Bapak Kardi seputar cara untuk membentuk UKM yang baik dan bagaimana manfaatnya setelah usahanya didaftarkan menjadi UKM. Peserta kegiatan tertarik dengan sharing yang diadakan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize pada pukul 11.34 WIB. Setelah pembagian doorprize, diadakan penutupuan pada pukul 11.50 yang di laksanakan oleh Ketua Panitia dan Kepala desa, serta pemberian plakat kepada kepala Desa.

Powered by WordPress | Designed by: photography charlottesville va | Thanks to ppc software, penny auction and larry goins