Ini Cara Bedakan Sertifikat Halal Kedaluwarsa pada Makanan

Saat ini marak perusahaan makanan yang tidak memperpanjang izin sertifikat halal. Karenanya, masyarakat mesti waspada terhadap makanan yang sertifikat halalnya sudah kedaluwarsa.

Pendiri Halal Corner, Aisha Maharani, mengatakan banyak sertifikat halal yang dimiliki oleh perusahaan makanan dan merek tertentu yang tidak diperpanjang. Sikap ini perlu diwaspadai oleh masyarakat. Sebab bisa saja perusahaan dan merek itu kembali menambahkan zat haram pada bahan makanannya.

Aisha memberikan tips mudah untuk mengetahui apakah izin sertifikat halal sebuah perusahaan dan brand sudah kedaluwarsa atau belum.

Pertama, logo sertifikat halal MUI berbentuk bulat dan ada tulisan halal dengan bahasa Arab. Jika perusahaan dan brand tersebut memang memiliki izin yang jelas, mereka akan menempelkan logo halal di semua media informasinya.

Kedua, masyarakat diharapkan teliti memperhatikan nomor izin yang tertera pada kopi sertifikat halal yang biasa dipajang oleh perusahaan. Tiga digit nomor izin di belakang kode menunjukan tahun pembuatan izin sertifikat halal tersebut.

“Jika sudah expired itu hak kita kok sebagai konsumen bertanya pada pemiliknya mengapa tidak memperpanjang izin,” ujar Aisha saat dihubungi Republika Online, Senin (19/1).

Ketiga, Aisha menyarankan masyarakat aktif dalam mencari informasi tentang bahan apa saja yang memang bahan makanan haram. Sebab, banyak bahan kimia haram yang disamarkan dengan nama kimiawi yang asing di telinga masyarakat.

Sumber : http://gayahidup.republika.co.id

Powered by WordPress | Designed by: photography charlottesville va | Thanks to ppc software, penny auction and larry goins