Agricultural Food Competition season 7 (AFC)

Agricultural Food Competitionmerupakan rangkaian acara HIMATETA Food Festival yang dilaksanakan oleh dua belas kelompok mahasiswa pada tanggal 7 Juni 2014 di Lapangan Voli Fakultas Pertanian. Acara ini merupakan acara dimana masing-masing kelompok mahasiswa melombakan hasil inovasi olahan pangan mereka yang terbuat dari bahan lokal seperti ubi jalar, kentang, strawberry, jagung, jamur, dan bahan lokal lain dalam rangka diversifikasi produk pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional di Indonesia sehubungan akan di adakannya Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015.Acara ini dibuka bersamaan dengan acara Seminar Nasional dan Talkshow di Auditorium Fakultas Pertanian oleh Pembantu Rektor III Universitas Jenderal Soedirman secara simbolis dengan pemukulan gong. Pameran produk pangan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, yang dilanjutkan dengan penilaian tahap pertama pada pukul 09.15 WIB sampai 10.15 WIB. Penilaian tersebut dilakukan oleh tiga juri yaitu dari perwakilan Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi, Dr. Ir. Hidayah Dwiyanti, M.Si. selaku dosen program studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Jenderal Soedirman, dan Chef Agus yang merupakan finalis Masterchef season 2.

Pada pukul 12.15 WIB diadakan demo masak oleh Chef Agus dan dihasilkan produk pangan yang cantik dari segi visual, mudah dibuat serta berbahan dasar lokal yaitu dari pisang, strawberry, dan pepaya bernama “Indonesian Pancake Fruits Platter”. Para pengunjung dan peserta AFC ini sangat antusias pada saat demo masak berlangsung. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman tiga besar juara yang merupakan hasil penilaian tahap 1 pada pukul 13.10 WIB. Peserta yang lolos ialah kelompok omega 12 dengan produk cookies smileyang terbuat dari subtitusi tepung jagung dan tepung terigu, kelompok Gustira dengan produk potato sunrise pudding, dan kelompok AGP dengan produk fermented potato. Kemudian buat para peserta yang lolos selanjutnya melakukan presentasi hasil produknya yang dimulai pada pukul 13.30 WIB sampai 14.30 dan dilakukan penjurian tahap 2 oleh para juri. Pengumuman juara 1 dan 2 lomba ini akan di umumkan pada acara penutupan HIMATETA Food Festivalyang diselenggarakan pada tanggal 7 Juni 2014 pada pukul 16.00 WIB.

Powered by WordPress | Designed by: photography charlottesville va | Thanks to ppc software, penny auction and larry goins